Ternyata Denim dan Jeans Itu Berbeda

Ternyata Denim dan Jeans Itu Berbeda

Ternyata Denim dan Jeans Itu Berbeda

Jika kita berbicara tentang pakaian casual tentu terbayang dipikiran kita yaitu kaos dan celana Jeans. Memang tidak salah kalo kedua pasangan ini menjadi ikon dari gaya berpakain Causal. Terlebih lagi celana jeans, saat ini sudah banyak sekali model Jeansmulai dari yang model jadul ala Coboy sampai celana “gemes” ala-ala A-Be-Ge. Selain Jeans akhir-akhir ini juga mulai ngetrend dengan jenis pakain Denim. Denim ini juga tidak kalah Casual bila dibandingkan dengan Jeans, terlihat simple dan dinamis serta sangat cocok untuk segala aktivitas non formal.

Apakah anda merupakan salah satu penggemar Denim dan Jeans? Jika iya, tahukah anda jika Denim dan Jeans itu tidak sama?

Tidak sedikit diantara kita yang menganggap Denim dan Jeans itu saudara kembar alias sama, padahal kenyataanya tidak seperti itu. Perlu diketahui jika keduanya merupakan hal yang serupa tapi tak sama. Untuk lebih jelasnya perhatikan beberapa fakta Denim dan Jeans berikut ini.

1.    Jeans pasti Denim, Denim belum tentu Jeans

Denim merupakan kata untuk menunjukkan salah satu jenis bahan atau kain yang biasanya bertekstur kasar dan seratnya terlihat jelas. Bahan denim dapat dibuat menjadi beragam produk, mulai dari celana, baju, tas, topi, dompet, sepatu dan berbagai produk garmen lainnya. Nah produk olahan dari denim yang berbentuk celana inilah yang disebut Jeans. Jadi kata Jeans hanya untuk menunjukkan produk Denim yang berupa celana saja, sedangkan produk lainnya tetap menggunakan kata Denim. Misalnya baju Denim bukan baju Jeans ya.

2.    Denim dan Jeans Sama-sama Nama Kota

Nama Denim berasal dari sebuah nama kota di Prancis yaitu Nimes, kemudian dikenal dengan Serge de Nimes yang lebih sering disebut de Nimes (Denim). Kota ini merupakan salah satu penghasil Denim di sana. Sedangkan, kata Jeans merupakan penyebutan kota Genoa di Italia dalam bahasa Prancis, yang mana kota itu merupakan penghasil Katun Denim.

3.    Terbuat dari Katun

Pada jaman dahulu bahan Denim tujuan utama pembuatan bukanlah untuk bahan pakian, melainkan dibuat untuk layar perahu. Sehingga kain jenis ini terkenal kuat dan tahan lama. Seiring perkembangan waktu para penambang emas di Amerika memerlukan celana yang kuat dan tahan lama sehingga tercetuslah ide membuat celana dari Denim ini. Orang pertama yang mengenalkan Denim yaitu Levis Strauss pada tahun 1872. Meskipun sangat kuat ternyata Denim juga terbuat dari bahan katun lho tidak jauh beda dengan jenis kain lainnya, hanya saja proses perajutannya sedikit berbeda. Sebelum dirajut beberapa benang telah dipilin, sehingga setelah dirajut menjadi lebih tebal dan kuat.

4.    Dulu Hanya Satu Warna

Denim awalnya hanya memiliki satu warna yaitu indigo atau emas biru.Warna indigo denim tersebut berasal dari tanaman Indigo yang diimport dari India, namun kini warna denim sduah dibuat dari bahan sintetis. Seiring waktu warna Bahan Denim saat ini sudah beraneka ragam menyesuaikan dengan kebutuhan pasar dan mode.

Nah itulah beberapa fakta mengenai Denim dan Jeans, jadi sudah jelas ya jika mereka berdua tidak sama alias berbeda. Jadi sekarang jangan salah lagi dalam menyebutnya, bukan jaket Jeans melainkan jaket Denim.