Mengenal Suku Dayak- Sejarah, Kebudayaan dan Ciri Khasnya

Mengenal Suku Dayak- Sejarah, Kebudayaan dan Ciri Khasnya

Mengenal Suku Dayak- Sejarah, Kebudayaan dan Ciri Khasnya

Kalimantan

Salah satu suku di Kalimantan yang paling terkenal adalah suku Dayak. Adapun suku dayak berasal dari wilayah Kalimantan bagian pedalaman. Salah satu ciri khas yang dimiliki oleh suku ini adalah mereka masih sangat primitif dan juga jauh dengan informasi global.

Menurut bahasa

Meskipun demikian, ada salah satu hal yang menarik dari suku ini untuk diketahui. Salah satu yang menarik yang bisa diketahui dari suku ini adalah bagian kebudayaannya. Adapun menurut bahasa, orang daya ini memiliki arti orang pedalaman, yang artinya mereka jauh dari kehidupan yang ada di kota.

Suku Dayak

Nah, suku Dayak ini tidak hanya satu, namun terbagi atas suku-suku lain seperti Dayak tanjung, Dayak kenyah, dayah puluhan, dan masih banyak lagi suku Dayak lainnya. Salah satu adat istiadat yang diyakini oleh suku ini bisa dilihat dari cara mereka dalam menjalani hidup, cara berpakaian, hingga upacara adat yang dilakukan.

Tidak hanya itu, suku ini juga memiliki bahasa yang khas dan juga memiliki tarian-tarian yang berbeda. Hal inilah yang membuat Indonesia semakin beragam dalam hal suku dan kebudayaannya.

Sumber  :https://pendidikan.co.id/