Mendikbud: Islamic Book Fair Ibarat Pekan Budaya Islam

Mendikbud: Islamic Book Fair Ibarat Pekan Budaya Islam

Mendikbud Islamic Book Fair Ibarat Pekan Budaya Islam

Festival Buku Islami atau Islamic Book Fair yang kembali digelar tahun ini memasuki

penyelenggaraan yang ke-15. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan membuka secara resmi Islamic Book Fair 2016 pada Sabtu siang (27/2/2016), di Istora Senayan, Jakarta. Mendikbud mengatakan, Islamic Book Fair lebih dari sekedar pameran buku Islam, melainkan sebuah pekan budaya Islam.

“Ini (Islamic Book Fair) seperti Islamic Cultural Fair atau Pekan Budaya Islam,

karena tidak hanya menampilkan buku, melainkan ada berbagai ekspresi seni budaya, seperti kaligrafi, busana, nasyid, dan sebagainya,” ujar Mendikbud saat acara pembukaan Islamic Book Fair 2016 di Istora Senayan, Jakarta, (27/2/2016).

Ia berharap Islamic Book Fair dapat merangsang dan memungkinkan munculnya wadah intelektual umat islam, karena informasi dan ilmu pengetahuan sangat penting untuk dikuasai. Penguasaan pengetahuan oleh seseorang, kata Mendikbud, dapat membuat orang menjadi patuh, mengikuti, dan menghormati orang tersebut, bahkan hingga orang itu telah tiada.

“Pengetahuan adalah penguasa, dan kesejahteraan adalah pengikutnya,” ujar Mendikbud.

Ia juga menyatakan kebanggaannya dapat menyaksikan Islamic Book Fair (IBF)

memasuki fase ke-15 dalam perjalanannya ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Mendikbud juga memberikan apresiasi atas tema yang diangkat IBF tahun ini, yaitu “Indahnya Keluarga Qurani”, dengan konsep pameran “Wisata Literasi Islam”.

Islamic Book Fair diikuti oleh 423 penerbit dari Indonesia dan penerbit dari dua negara lain, yaitu Mesir dan Brunei Darussalam. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga turut berpartisipasi dalam Islamic Book Fair dengan menghadirkan stan Sahabat Keluarga. Selain Kemendikbud, ada juga stan dari kementerian/lembaga lain, yaitu Kementerian Agama dan Badan Pusat Statistik (BPS). Islamic Book Fair akan berlangsung hingga 6 Maret 2016. Panitia menargetkan akan mencapai 430 ribu pengunjung hingga hari terakhir. Selama seminggu lebih penyelenggaraan Islamic Book Fair 2016, pengunjung akan disuguhi 183 mata acara yang digelar di tiga panggung di area pameran di Istora Senayan.

 

Sumber :

https://www.dosenmatematika.co.id/