Keterkaitan dan Implementasi antara Grafik Komputer

Keterkaitan dan Implementasi antara Grafik Komputer

Keterkaitan dan Implementasi antara Grafik Komputer

Grafik Komputer

Grafika komputer merupakan bidang studi yang mempelajari cara pembuatan dan memanipulasi gambar dengan menggunakan objek-objek primitif, seperti titik, garis, kotak dan sebagainya. Ruang lingkup aplikasi grafika komputer sangat luas mencakup dari sekedar proses interaktif. Grafika komputer mempunyai beberapa bagian yaitu :

  1. geometri : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D.
  2. animasi : mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan.
  3. rendering : mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya.
  4. citra (imaging) : mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

Pengolahan Citra

Pengolahan citra berkaitan dengan teknik-teknik untuk modifikasi dan intepretasi citra, meningkatkan kualitas citra sehingga menjadi lebih jelas, analisis citra, dan mengenali pola-pola visual yang ada dalam suatu citra. Berikut beberapa operasi yang ada dalam pengolahan citra yaitu :

  1. Perbaikan kualitas citra(image enhancement)
  2. Pemugaran citra(image restoration)
  3. Pemampatan citra(image compression)
  4. Segmentasi citra(image segmentation)
  5. Analisis citra(image analysis)
  6. Rekonstruksi citra(image reconstruction)

Teknologi Game

Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video. Saat ini seiring dengan berkembangnya teknologi, hampir tidak ada aplikasi permainan komputer yang tidak menggunakan modus grafik. Aplikasi game banyak beredar di pasaran, mulai dari yang sederhana yaitu 2 dimensi (seperti tetris) hingga yang rumit yaitu 3 dimensi dan memerlukan resource banyak seperti game Winning Eleven. Dari yang stand alone, online network (seperti RF, Luna, Seal, Ragnarok) hingga mobile devices (seperti Doggie Dash, ComicBlast, atau permainan-permainan untuk handphone).

Keterkaitan dan Implementasi

Grafik komputer, pengolahan citra dan teknologi game saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Aplikasi grafika komputer dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, termasuk aplikasi pengolah Bentuk dan Citra serta game (permainan). Pengolahan citra merupakan perkembangan dari bentuk sederhana grafik komputer, dan juga pengolahan citra berfungsi untuk elemen pembentukan grafik.

Pembuatan suatu game tidak terlepas dari penggunaan grafika komputer. Misalnya jika kita ingin membuat animasi/menghidupkan model dalam cara yang ditentukan (seperti suatu script atau naskah) atau menurut satu kumpulan aturan. Sedangkan pengolahan citra pada game digunakan untuk memberi pewarnaan yang baik agar tidak merusak sensor mata pada manusia.

Baca Juga :