Cara Mudah Membuat Sambal Teri Ala Anak Kost

Cara Mudah Membuat Sambal Teri Ala Anak Kost

Cara Mudah Membuat Sambal Teri Ala Anak Kost

Sebagai mantan anak kostan saya akan berbagi cara mudah membuat Sambal Teri yang rasanya mantap jaya. Biasanya dulu pas masih ngekost saya paling malas keluar malam untuk cari lauk, sebenarnya juga dalam program pengiritan. Nah salah satu andalan teman makan nasi putih hangat yaitu Sambal Teri.

Sambal teri yang gurih pedas dan nasi putih hangat merupakan perpaduan yang lumayan sedap untuk mengganjal perut. Jujur saja saya kadang-kadang suka bosan kalau mie lagi, mie lagi meskipun rasanya beraneka ragam tapi tetap saja mie juga kan.

Cara Mudah Membuat Sambal Teri

Tanpa panjang lebar lagi berikut ini alat dan bahan yang perlu sobat siapkan:

Bahan Sambal Teri

  • Teri sebanyak satu genggam ga sempar nimbang berapa gramnya
  • Cabai 5 buah, kalo ingin lebih pedas ditambahkan saja sesuai selera tapi berdasarkan pengalaman 5 atau 6 itu sudah lumayan nendang pedasnya.
  • Satu siung bawang putih
  • Satu sendok teh garam atau seujung sendok makan, kira-kira saja supaya tidak keasinan
  • Satu sendok teh gula pasir, jangan kebanyakan nanti terlalu manis tidak enak
  • Minyak untuk mengoreng, secukupnya saja tidak perlu kebanyakan sayang karena biasanya setelah untuk menggoreng teri minyaknya tidak bisa untuk menggoreng yang lainnya. Karena aroma dan rasa asin teri masih tertinggal pada minyak dan dapat merusak rasa dari bahan yang digoreng pakai minyak bekas goreng teri, jadi secukupnya saja.

 

Peralatan

  • Cobek dan muthu, itu bahasa jawa saya tidak tahu bahasa Indonesia yang benar apa. Yang jelas fungsinya untuk menghaluskan sambal.
  • Penggorengan
  • Kompor dan gas pastinya
  • Kalau tidak ada kompor asalkan ada Magic Com yang buat masak nasi bisa juga digunakan.

 

Langkah Membuat Sambal Teri

  1. Cucilah terlebih dahulu terinya. Tidak perlu direndam yang penting kotoran dipermukaan teri sudah hilang, kemudian tiriskan.
  2. Kupang bawang putih dan siangi cabai.
  3. Panaskan minyak goreng, jika sudah panas masukkan terinya. Tanda minyak sudah panas yaitu gelembung pada minyak sudah ngumpul ditengah. Jangan terlalu lama menggoreng terinya karena nanti bisa pahit, teri sudah matang ditandai dengan aroma gurihnya bila sudah tercium berarti sudah mulai matang. Angkatlah teri dari minyak bila sudah matang.
  4. Masukkan cabai, bawang putih, gula dan garam pada cobek, setelah itu haluskan bahan-bahan tersebut.
  5. Setelah halus masukkan terinya dan ratakan dengan sambal yang sudah halus.
  6. Sambal teri yang mantap sudah siap disantap dengan sepiring nasi putih hangat.

Baca Artikel Lainnya: